Merawat AC Mobil Agar Selalu Dingin

Gimana sih cara merawat AC mobil agar selalu dingin?

AC merupakan sebuah fitur yang sudah wajib pada mobil keluaran terbaru. Di dalam mobil, AC mempunyai fungsi sebagai pendingin kabin mobil. Selain mempunyai fungsi sebagai pendingin, AC mobil juga memiliki fungsi menghilangkan embun pada kaca mobil ketika hujan.

Dengan pentingnya fungsi dari AC mobil, maka perlu dilakukan perawatan. Jika tidak dilakukan perawatan dengan benar, maka AC mobil menjadi tidak dingin. Disini akan dibahas cara merawat AC mobil agar selalu dingin. Berikut adalah cara perawatannya.

1. Jaga Kebersihan Kabin Mobil
Pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan dalam atau kabin mobil. Kabin mobil yang kotor dan terdapat debu akan berdampak pada kebersihan AC. Jika hal ini dibiarkan akan menyebabkan AC menjadi tidak dingin dan udara yang dikeluarkan akan menjadi tidak sehat karena kotor. Perlu diketahui jika AC mobil menggunakan sirkulasi tertutup yang memanfaat udara di dalam kabin mobil untuk didinginkan berulang kali.

2. Hindari Membuka Kaca Mobil
Pada saat menggunakan AC mobil, hindari untuk membuka kaca mobil. Namun pada saat tertentu seperti membayar tol atau parkir Anda wajib membuka kaca, dan hal itu tidak dapat dihindari. Hal ini dilakukan agar kotoran atau debu dari luar mobil tidak dapat masuk ke dalam kabin mobil.

Diusahakan untuk tidak membuka kaca mobil jika tidak ada kepentingan. Hal ini bertujuan agar kabin tetap sejuk dan kinerja AC tidak terlalu berat karena kondisi kabin selalu dingin. Jika membuka kaca, maka udara dingin yang ada di dalam mobil akan keluar. Hal itu menyebabkan AC bekerja lebih berat.

3. Jangan Merokok di Dalam Mobil
Hal yang perlu dihindari selanjutnya adalah merokok di dalam mobil. Karena bau yang tidak sedap dari asap rokok sangat sulit untuk dihilangkan. Asap rokok juga berpotensi masuk ke dalam sirkulasi AC sehingga menyebabkan bau yang tidak sedap serta berbahaya bagi kesehatan akan bercampur dengan udara di kabin.

Selain bau yang tidak sedap, asap rokok juga dapat membuat AC menjadi rusak. Hal ini dikarenakan asap rokok yang menempel pada filter kabin atau filter AC yang berfungsi menyaring udara. Jika hal ini dilakukan, maka akan menyebabkan AC menjadi tidak dingin.

4. Selalu Bersihkan Filter AC
Filter AC mobil atau ada yang menyebutnya sebagai filter kabin merupakan penyaring udara yang dipakai untuk mendinginkan kabin mobil. Posisi filter AC biasanya berada di dasbor dan mengambil udara dari sisi kaki penumpang depan. Lokasi ini rentan kotor, makanya kamu harus memastikan kebersihan filter AC untuk menjaga kualitas udara di dalam kabin supaya tetap segar dan bersih. Apabila AC sudah tidak terasa segar dan kurang nyaman, kamu disarankan berkonsultasi kepada Service Advisor bengkel resmi.

5. Gunakan Pengharum Mobil yang Sesuai
Aroma wangi yang keluar dari pengharum mobil belum tentu cocok untuk semua orang. Untuk amannya, gunakan parfum dengan aroma netral atau tidak menyengat. Selain itu, pemilihan pengharum ruangan yang tidak sesuai dapat membuat AC cepat kotor dan merusak interior kabin seperti meninggalkan bercak noda. Jenis bahan pengharum mobil juga perlu mendapat perhatian khusus, karena bila salah pilih terdapat kandungan kimia di bahan pengharum yang malahan mengotori kondensor AC.

6. Selalu Lakukan Servis Berkala
Servis berkala memastikan kondisi mobil selalu prima, baik mesin, kaki-kaki, hingga pendingin kabin. Tujuannya supaya kamu merasa nyaman selama dalam perjalanan karena seluruh fitur AC, berfungsi dengan baik dan optimal. Lakukan servis berkala sesuai buku panduan perawatan kendaraan yakni setiap 8 bulan atau maksimal 20.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

SRIKANDI AC MOBIL | Merupakan usaha yang bergerak dibidang service ac mobil yang terletak Jl. Raya Tajur No.239, Sindangsari, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat. Kami menyediakan berbagai macam sparepart ac mobil segala jenis kendaraan, baik korea, jepang maupun eropa. Tujuan dibuatnya situs ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi konsumen kami yang ada di wilayah Bogor dan sekitarnya dalam mencari layanan service ac mobil yang profesional dan memuaskan dengan harga yang terjangkau. Kami juga siap melayani seluruh Jabodetabek.

Spesialis Mengerjakan :

  • Service Compressor/Blower
  • Pemasangan Baru
  • Isi Freon R.134A
  • Pergantian Suku Cadang
  • Dan lain-lain

Bagi anda yang mengalami permasalahan air conditioner (ac) seperti dibawah ini :

  • Ac tidak dingin
  • Ac bocor, air menetes dari ac
  • Ac tidak menyala
  • Ac hidup mati
  • Ac mengeluarkan suara
  • Ac aromanya tidak enak
  • Dan keluhan lainnya

Sekarang anda tidak perlu khwatir lagi, karena anda sudah tepat mengunjungi website ini. Kami siap melayani service berbagai merk atau jenis kendaraan. Segera hubungi kami dan atau datang langsung ke alamat kami dibawah ini, dengan senang hati kami siap membantu mengatasi segala keluhan ac mobil anda.

SRIKANDI AC MOBIL | Alamat/Workshop :
Jl. Raya Tajur No.239, Sindangsari, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16137
(samping kuntum/seberang ramyana) | Telp. 0251 – 7558112
Hp/Wa. 0817 900 7379, 0812 9284 2621 (RONAL CANDRA) | www.srikandiacmobil.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *